"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas....?
Serahkan pada saya... Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

Selasa, 15 Maret 2011

TIPS JITU TUMPAS JAMUR (RINGWORM) YANG MENULAR DARI KUCING

Penyebab jamur pada kucing ini disebabkan oleh oleh beberapa spesies seperti Staphylococcus, Itermedius, Malassezia pachydermatis, Microsporum canis, Microsporum gypseum, Trichophyton mentagrophytes. Jamur yang paling sering menyerang anjing dan kucing adalah spesies jamur yang bernama Microsporum canis.

Ciri-ciri kucing terkena jamur adalah :
  • Bulu rontok dengan pola melingkar
  • Apabila diraba terasa ada benjolan agak kasar ditubuhnya
  • Munculnya bercak putih menyerupai ketombe atau sisik.
  • Paling sering kerontokan terjadi pada dibagian wajah dan telinga, perut, ekor, maupun anggota badan lain
  • Puncak kerontokan pada kucing terlihat dalam waktu 5 minggu sejak kontak dengan microsporum canis.

kucing yang terinfeksi ringworm

Beberapa hewan (terutama kucing) dapat terinfeksi dan menjadi carrier, menularkan jamur pada hewan lain maupun pada manusia. Jamur yang disebabkan oleh organisme ini disebut juga ringworm, dapat sembuh sendiri dalam waktu 4-6 bulan. Kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat terinfeksi tetapi sama sekali tidak menunjukan gejala tertular. Ringworm yang pernah sembuh sekalipun dapat tumbuh kembali ditempat yang sama hingga 6 bulan kemudian.

Ringworm menyebar melalui kontak dengan bulu atau ketombe yang terinfeksi dan mengandung spora. Spora jamur terdapat tersebar dimana-mana seperti di lantai, bulu yang rontok, kandang, peralatan makan dan minum kucing, tempat tidur kucing, dan lain-lain. Hewan yang masih muda, tua, menyusui, atau hamil dengan kekebalan tubuh rendah rentan terhadap infeksi jamur ini.

"Jamur tumbuh berkembang biak dengan pesat apabila kondisi lingkungan tempat hidup kucing lembab, kurang bersih, tak jarang pula apabila telat memandikan maka jamur ini tumbuh."

Ringworm merupakan salah satu penyakit kulit kucing yang dapat menular pada manusia. Bentuk yang dapat dikenali dari kulit manusia hampir sama dengan infeksi pada kulit kucing. Bulat kemerahan dengan lubang menyerupai kawah yang terkadang berisi air, rasa gatalnya teramat sangat, apabila digaruk akan semakin besar dan melebar dengan kawah yang semakin dalam. Begitu pula dengan kucing, pertumbuhan jamur akan semakin cepat menjalar apabila digaruk dan menular pada kucing lain dengan cepat bila berkontak dengan kucing yang terinfeksi. Penyembuhan secara total pada kucing maupun manusia perlu dilakukan untuk memutus daur hidup jamur ini, penanganan yang tidak tuntas memungkinkan jamur tumbuh kembali sehingga lebih sulit dibasmi.

Berikut contoh ringworm yang menular pada manusia:





Bentuk dan gejala dari infeksi jamur hampir sama dengan gejala yang dialami pada kasus scabies. Ciri scabies yang disalah kaprahkan yaitu terlihat adanya bintik kemerahan, kulit berkerak dan kering menyerupai ketombe dan kerontokan bulu. Perbedaan yang paling jelas antara keduanya adalah bentuk ineksi scabies (disebabkan oleh tungau) tidak beraturan, menyebar atau berbentuk “S”, terdapat luka yang berdarah disekitar area infeksi yang disebabkan kucing menggaruk hingga mencapai bagian bawah kulit, berkerak keras berwarna kecoklatan hingga putih, dan menggumpal.

Pengobatan kucing yang terserang jamur bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Oleskan minyak tawon, atau minyak kelapa murni pada bagian yang berkerak lebih dulu semalam sebelum berencana memandikan, pijat-pijat hingga benar-benar meresap pada kulit, dan sisiri secara halus. Dapat pula memakaikan kerah pelindung leher (elizabeth collar) supaya kucing tidak menjilati bagian yang sedang diterapi. Keesokan harinya kerak perlahan-lahan akan melunak dan mudah dilepas dengan sisir.
  • Alternatif lain selain dengan menggunakan minyak tersebut, bisa dengan cairan herbal yang aman dikonsumsi kucing. Cairan herbal tersebut dapat dibuat sendiri atau beli di petshop. Biasanya cairan ini mengandung bahan-bahan alami seperti lengkuas merah, sambiloto, jahe, sereh, daun sirih, garam, daun srikaya, dan jeruk nipis atau cuka apel. Penggunaan minyak kelapa murni maupun obat herbal lebih aman digunakan untuk kitten.
  • Memandikan 1-2 minggu sekali secara teratur untuk pencegahan, atau setidaknya 2 kali seminggu apabila kucing positif terinfeksi jamur dengan menggunakan shampo khusus jamur yang mengandung Miconazole nitrate 2%, dan Chlorhexidine gluconate 2%.
  • Setelah mandi, dapat ditaburkan bedak anti jamur di kulit kucing dan dikeringkan hingga benar-benar kering. Bulu yang lembab justru akan memberi kesempatan jamur tumbuh subur.
  • Memberi vitamin untuk meningkatkan kualitas kulit dan bulu maupun kekebalan tubuh dapat diberikan 1 kali sehari apabila perlu.

contoh produk yang biasanya digunakan untuk mengobati masalah jamur

Lama penyembuhan dari infeksi jamur bermacam-macam. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk menjaga supaya kucing dan pemiliknya terhindar dari jamur. Total kisaran waktu sembuhnya 1 minggu hingga 1 bulan. Satu sampai dua minggu pertama kulit kucing akan tampak bersih dari sisik, kucing juga jadi jarang menggaruk, artinya kulit sudah mulai sembuh dari jamur. Minggu-minggu berikutnya pengobatan dapat terus dilakukan hingga bagian yang pitak/botak ditumbuhi bulu-bulu muda.


pengobatan akan lebih mudah dilakukan dengan cara mencukur habis bulu di sekitar kulit yang terinfeksi ringworm

Konsep penyembuhan ringworm ini adalah menjaga kandang dan tubuh kucing bersih dan kering. Diusahakan setelah pemberian obat sekalipun tubuh kucing tetap dalam keadaan kering.


Pengobatan jamur yang ditularkan dari kucing pada manusia :
  • Mandi dengan sabun yang mengandung sulfur serta antiseptik.
  • Mengoleskan salep anti jamur atau bedak tabur anti jamur.
  • Minyak tawon juga dapat digunakan untuk mengobati kulit yang terinfeksi jamur ini. Pengobatan secara dini akan lebih efektif dan tidak meninggalkan bekas ‘kawah’ ringworm di kulit.
Pencegahannya adalah :
  • Cuci tangan setelah dan sebelum memegang kucing.
  • Bersihkan kandang setiap hari dengan menggunakan disinfektan.
  • Jangan menempatkan kucing ditempat yang lembab, dekat dengan sumber spora jamur seperti kayu. Jaga kandang selalu kering dengan kelembapan yang cukup.
  • Kucing juga sebaiknya diletakkan ditempat yang sejuk dan kering. Apabila terlalu panas dapat memicu keringat sebagai biang keladi jamur.
  • Apabila kucing terlihat kotor segera mandikan walaupun jarak dari mandi yang pertama masih sangat dekat.
Artikel terkait:

Betadine Untuk Mengobati Ringworm?

Cara Menghilangkan Bekas Jamur (Ringworm)

Manfaat Cuka (Vinegar) Untuk Mengobati Ringworms Pada Kulit  

Artikel Terkait



24 komentar:

  1. 2 taun lalu aq pernah ketularan ring worm yang bnr2 nyiksa bgt T__T
    awalnya dikirain gatel gigitan nyamuk,tp gatelnya terus2an malah makin pgn digaruk,tp anehnya ga lecet cuma melebar,

    makin panik aq,soalnya yg tadinya cuma ditangan,tiba2 ada di punggung,jidad,leher,kuping,sm sekitar paha(8 biji kl g slh >,<),pake daktarin ga ampuh2,nangislah saking paniknya T_T

    akhirnya sm bundaku digosok gt pake batu sungai di bagian yg luka,coz bundaku lmyn srg kena jamur ringan yg kl ga disosok pst bkl lebar @_@

    cuma 2 kata pe...rih >,<
    tp mening perih sklian drpd ga perih tp gatel n makin nyebar,alhamdulilah 1bulan tersiksa lewat juga ^_^

    emang sih ninggalin bekas bgt awalnya :(
    tp aq minumin kapsul bersih darah gt sm penghilang bks luka,skrg udah ga kliatan kcuali di bagian lengan yg prtm x muncul n kena gosokan plg kenceng sm bundaq -_- (dont try this way if not really urgent :D)

    meong yg nularin jamurnya udah wapat staun lalu T_T
    jd aga parno jg plus makin jaga ksehatan tiap punya meong n wajib cuci tangan abis megang meong :))

    amit2 kena penyakit ringworm lagi ya allah >,<

    BalasHapus
  2. @Miss rinda

    Wah pengalaman pahit nih sama yg namanya ringworm,
    btw tips nya manjur tuh kayaknya hehe..
    emang ngeselin ketular ringworm, klo aku biasanya dibiasain mandi pake sabun sulfur, sekarang dah jarang ketular

    BalasHapus
  3. Kucing saya kena ringworm, tapi kalau abis dikasi obat pasti langsung digaruk sama dia. Kalo ditahan pake tangan supaya gak garuk malah ngamuk dia

    BalasHapus
  4. @GeneticFreak:
    pasti digaruk bro coz obatnya bereaksi jd gatal, apalagi dipegangin bakal ngamuk..
    solusinya ya dipakein collar bro.. banyak dijual di petshop
    collar dipakein di leher nya, so dia gbs garuk2

    BalasHapus
  5. hiks aku minta toloong doooon.. (╥﹏╥) aku mau tanyaaa... kucingku kok tiba2 kayak punya luka luka gitu ya, kayak koreng, banyaak gitu. pertama aku taunya ada koreng itu di telinga luar. kecil se lukanya... tak kira dia habis kebentur apa gitu, soalnya kucingku termasuk aktif banget (maklum masih umur 3 bulan, sukanya riwil..). tapi pas agak lama, aku nemu lagi luka koreng di deket kuping bagian bawah,,, (╥﹏╥)

    terus pas aku elus, dibagian leher atas, kok bulunya agak gimana gitu (kayak ada celahnya gitu lah, ga lebat kayak yg lain) terus pas aku sibak, kok ada lagiii.... terus bulu di badannya aku sibak juga, kok ada juga,,, itu yaapaa?? termasuk ringworm bukan yaa....... hiks hiks hiks.. (╥^╥)

    BalasHapus
  6. bisa jadi itu sejenis jamur, biasanya ditandai dengan sedikit rontok..
    dimandiin aja pake sampo anti jamur, bilas trs pake sampo biasa..
    rutin ya.. asal gak telat mandiin pasti kulit nya sehat kok...
    sama dikasih vitamin buat bulu, atau beri makanan yang bagus buat bulu..
    itu aja sebenernya udah cukup..

    BalasHapus
  7. oh? berarti habis disampoin pake sampo anti jamur, terus make sampo kucing yang biasa gitu? O.oa

    kemarin udah aku kasih sampo anti jamur,, lumayan sih, dia udah ga garuk2 lagi.. "rutin" itu kira2 berapa kali seminggu ya? seminggu sekali cukup ga ya?

    oiya tolong kasih sedikit tips buat mandiin kucing dong.. bener ya harus pake hair dryer? soalnya kemaren kan habis konsul ke salah satu owner pet shop disini (pas mau milih2 sampo) terus orangnya bilang, kalo kucingku jamuran gara2 aku salah mandiinnya.. katanya harus make hair dryer biar cepet kering jadi kulitnya ga lembab bla bla bla (aku ga terlalu nyambung sama perkataannya dia =w=a maklum masih newbie nih)

    makasih sebelumnyaa.. :)

    BalasHapus
  8. iya pake dua jenis sampo..

    kalo masih jamuran aku rasa seminggu sekali gak papa, asal kucingnya sehat (gak lg flue)
    kalo udah gak jamuran, 2 minggu sekali aja..

    sebisa mungkin pake hairdryer..biar cepet n langsung kering..
    soalnya kalo gak kering ato lama keringnya, kulit si mpus masih basah..
    kalo lama dibiarin, kulit yg basah tadi jd lembab, trs tumbuh jamur deh..

    oya, tips nih, begitu slese mandi, ngeringinnya jangan pake handuk dll..
    tapi pake aja lap pengering mobil yg cepet nyerap air ky K*nebo dll..
    lebih efektif pake itu, cpt kering, jd pas tahap ngeringin selanjutnya (hairdryer)
    bs lbh cpt,
    oya lap nya khusus ya, jgn hbs buat ngelap mtr/mobil lgs dipake ngelap kucing:(

    kalo aku sih pake blower bukan hairdryer, lebih cepet keringnya

    BalasHapus
  9. mau tanya dong kucing ku kaya ada ketombenya gitu warna putih knapa ya..??
    trs agak sedikit rontok tapi ga merah2..!

    BalasHapus
  10. @ade: bs jd itu jamur yg udah mengering jadi rontok ky ketombe, tp jamur bs balik lagi kalo gak ada treatment lbh lanjut

    BalasHapus
  11. mohon dibantu....
    luka diluar kuping kucingku uda lama ga sembuh2 ga ada nanah tapi terus2 merah berdarah kyk bisul bisul gitu, selama ini da d kasih gramicyn sm betadine
    ada yg lebih ok lg g u obatnya, makasi u bantuanny

    BalasHapus
  12. @emil cb pas mandiin dibersihin pake alkohol, trs disabun pake sampo anti jamur.. ada yg bilang bs sembuh pake propolis..

    BalasHapus
  13. kucingku dikuping yg sebelah kiri botak warnanya jadi nge-pink gt deh sama ekor kayak buduk-an gt deh itu jamur bukan ya? help me to answer ?

    BalasHapus
  14. @devania: bs jadi itu karena jamur, segera ditanganin sblm parah.. tips2 tentang jamur pada kucing yg pernah sy tulis mungkin bs membantu

    BalasHapus
  15. kucing q berkerak d bagian pinggul sama ketiak...
    pake obat apa aja ya yg jitu.trus sampo yang baik buat kucing tu apa soalnya q pake sampo advance.
    mohon balasanya mas.tkut nular ke kucing q yg laenya~

    BalasHapus
  16. @chiki: cb pakai sebazol atau sebolize, atau pakai cuka apel, atau propolis.. rajin dioles pake salep jamur jg bs..

    BalasHapus
  17. aku mau tanya dong mas,
    aku ada 4 anak kucing, baru umur sebulan lebih 2minggu, semua kena jamur ini
    udah kena jamur hampir sebulan, udah di bersihin pake resep dokter "Hidrogen Peroxide 3%" trus diolesi salep jamur, tapi kok tetep aja tumbuh jamurnya ya mas
    mungkin ada cara yg lebih jitu buat ngebersihin jamurnya ?
    thanks

    BalasHapus
  18. @Dimas

    kitten umur segitu emg rawan bgt kena jamur, ak jg pny pengalaman serupa..

    simpel aja, kitten + induknya jgn ditempatkan di kandang yg lembab, usahakan selalu bersih & kering, beri lampu pijar.. Kalo bs sih induknya udah bersih ya hbs melahirkan(udah mandi n bebas kutu + jamur)krn biasanya jamur menular dr induk, krn selama hamil gak mandi

    wkt itu ak cm rajin usap daerah yg kena jamur pake alkohol.. trs dibilas dg air anget, sehari 2x rutin, sekitar 2mingguan sembuh. atau Bs jg pake cuka apel (vinegar)klo ini efektif ak pake pd kcg dewasa / ekor kcg jantan yg suka korengan

    konon akhir2 ini ad yg mengandalkan propolis, tp ak blm prnah cb, katanya sih cpt sembuh, cm mahal bgt..

    BalasHapus
  19. kucing aku kena jamur setelah aku ganti makanannya,, jika kena jamur bulunya akan tumbuh sedia kala??

    BalasHapus
  20. @tiiara

    bisa balik kok nanti pasti numbuh lagi bulu yg baru..

    BalasHapus
  21. kucing aku trkena jamur,cuma jamurnya sudah seperti kerak. bagaimana menghilangkannya? saya juga sempat tertular,tp skrg tinggal bekasnya sedikit

    BalasHapus
  22. mas kucingku umur 3 bulan dibagian punggungnya kayak ada kerak seujung jempol gt yah ? kayaknya sih itu jamrt , trus apa jamur sm ringworm sm aja ?

    BalasHapus
  23. @ Anonim

    bisa jadi itu gejala awal kena ringworm.. segera ditanganin ya..

    BalasHapus
  24. Nice inpo.... Lagi benerin bulunya cucuth kesedia kala

    BalasHapus

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)