"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas....?
Serahkan pada saya... Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

Minggu, 27 Februari 2011

Penanganan Flu Kucing

Mengatasi flu pada kucing
Aku pernah punya pengalaman kitten-kitten ku berjumlah 2 ekor mati karena flu kucing. Kitten yang aku pelihara dulu adalah kucing lokal yang biasanya ikut makan di rumahku. Itu terjadi beberapa tahun sebelum aku punya kucing-kucing persia. Mengingat waktu itu rasanya menjadikanku waspada bila flu kucing menyerang anak-anak kucing yang belum di vaksin.

Flu kucing adalah penyakit sejenis flu seperti halnya pada manusia, disebabkan oleh virus. Virus merupakan penyakit langganan yang dapat menyerang anak kucing, khususnya yang belum divaksin dan mudah sekali menular ke kucing lainnya. Flu kucing akan hilang dengan sendirinya akibat sistem imun yang dimiliki oleh kucing tersebut. Penanganan flu kucing tidak membutuhkan antibiotik pada beberapa kasus, namun virus yang menyebabkan flu kucing dapat bersamaan dengan adanya infeksi bakteri yang menyerang bagian organ tertentu. Pada kucing-kucing dewasa penyakit ini tidak mematikan, tetapi akan berakibat fatal bila terjadi pada kitten.

Flu kucing merupakan penyakit kucing yang disebabkan oleh virus Feline Herpesvirus, Calicivirus, Feline Chlamydiosis, Feline Mycoplasma, dan infeksi bakteri. Virus jenis tersebut tidak menular pada manusia. Flu kucing yang disebabkan oleh virus tersebut juga dapat menyebabkan “mata belekan” atau conjuctivitis walaupun gejala flu yang spesifik belum muncul, misalnya bersin-bersin, keluar lendir dari hidung, demam, sariawan kucing, dan radang tenggorokan sehingga terjadi penurunan nafsu makan pada kucing.

Penularan flu kucing menyebar melalui air liur, cairan bersin, kontak melalui peralatan yang tercemar, maupun dari bahan-bahan kimia. Masa inkubasi dapat mencapai 3 minggu, artinya kucing bisa saja tidak menunjukkan gejala sakit flu hingga 3 minggu virus tersebut menyerang.

Penanganan flu kucing perlu perhatian penuh dari si pemilik maupun dokter hewan yang berwenang. Untuk saat ini belum ada obat flu kucing yang khusus dijual di pasaran, sebagai pencegahannya anda dapat memberikan vaksinasi rutin saat kucing dalam keadaan sehat. Vaksinasi diberikan sebelum kucing berumur 3 bulan.

Gejala ringan hingga berat yang menandakan flu pada kucing adalah :

  • Mata berair, sudut kelopak mata mengeluarkan belek, kucing tidak dapat membuka mata karena lengket.
  • Diare dengan kotoran yang berbau, encer, dan berlendir.
  • Bersin-bersin dengan intensitas yang semakin sering dari hari ke hari.
  • Demam, suhu tubuh lebih hangat dari biasanya bila anda mengelus bagian kepala, tetapi terkadang tangan dan kakinya dingin.

Pengobatan yang dapat dikerjakan:

  • Untuk mata yang berair atau mengeluarkan kotoran mata tanpa disertai nanah, basuh mata dengan kapas yang dibasahi air hangat, kemudian dilap dengan tissue kering. Cara lain adalah dengan membasuh mata menggunakan cairan saline (cairan infus NS (Normal Saline)). Jangan memberikan salep atau obat mata yang mengandung kortison/steroid. Cukup dengan membasuh dan menghilangkan kotoran mata secara rutin dengan air hangat dan dikeringkan.
  • Penanganan sejak awal bila mengetahui kucing anda flu adalah dengan menjemurnya setiap pagi saat matahari tidak terik, antara jam 06.00-08.00 selama 10-15 menit.
  • Pemberian multivitamin dan suplemen dapat dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing dan meningkatkan nafsu makannya. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk vitamin atau suplemen yang cocok.
  • Anda juga dapat memberikan tempat tidur yang hangat untuk kucing, menjaga kebersihan tubuh kucing dan kandang kucing (tetapi jangan sering-sering memandikannya saat sedang flu), serta mengkarantina kucing dari kucing-kucing lain supaya tidak menular.
  • Pengobatan yang disebabkan oleh virus tidak membutuhkan antibiotik. Antibiotik tidak mempan untuk penyakit yang disebabkan oleh virus. Pemberian antibiotik akan dilakukan jika kucing terkena infeksi bakteri, misalnya mata kucing mulai bernanah dan diare kucing berdarah. Antibiotik hanya untuk menghindari infeksi sekunder yang ditimbulkan, tetapi akan membunuh bakteri baik dalam tubuh apabila tidak terbukti adanya infeksi bakteri. Obat-obatan yang diberikan dokter hewan biasanya hanya untuk mengurangi gejala flu, misalnya menurunkan panas, melegakan pernafasan dan menghilangkan lendir saluran pernafasan. Pada kenyataannya, sistem imunitas tubuh kucing itu sendirilah yang berperan membunuh virus penyebab flu kucing ini.

Masa penyembuhan flu kucing ini berlangsung selama beberapa minggu. Pada beberapa kasus yang disertai infeksi, masa penyembuhannya dapat berlangsung lebih lama.

Sumber gambar: http://randomwriterlythoughts.blogspot.com/2010/10/superstition-part-iii-sneezing.html

Artikel terkait:

Kenali Gejala Flu Pada Kucing Anda


Artikel Terkait



16 komentar:

  1. thanks buat info nyaa...
    kitten ku kena flu..kasihan bgt..
    tapi kata vet bisa sembuh sendiri.

    soalnya si kitten baru 2 bln..aku khawatir dia kenapa2..
    dia tidur mulu..makannya rewel..diare pula..

    ada yg bisa meningkatkan daya tahan si kitten ga yaa??

    BalasHapus
  2. Terimakasih sudah mampir.

    Biasanya untuk menjaga daya tahan kitten bisa diberi lysin murni,

    atau vitamin khusus kucing yg banyak dijual di petshop2 berbentuk tablet/softgel.

    Beberapa makanan kucing premium (biasanya untuk kitten)memiliki komposisi vitamin serta lysin yg cukup untuk menjaga daya tahan tubuh kucing.

    BalasHapus
  3. adh gg yh obat2an manusia yg bisa bwt kucing gtuh ??
    so aq ntuh CL (Cat Lover) cilik (dlm artian)and skr pnya kcg mix angora-lokal/kampung (???)

    mohon blsannya ....
    ^_^

    BalasHapus
  4. @kucing persia impian

    Terimakasih sudah mampir.

    Sebenarnya ada, hanya tidak disarankan untuk diberikan kepada kucing.

    Contohnya kita dapat menemukan lysin pada multivitamin anak, vitamin E dapat kita temukan pada produk yang dikonsumsi manusia
    (namun dalam dosis tertentu) & sesuai resep vet

    Lebih tepat membawa kucing kesayangan kita ke vet / dokter hewan terdekat yang terpercaya.

    BalasHapus
  5. ane jg bru pnya kcing gan, umr w adopt 2bln'an lbih. matanya jg sring belekan apalagi klo shbis bngun tdr, soal tdr mlulu. &stiap bngun klo ngndus brang2 drmh ska brsin&upilan gtu. tkut knp2 aja soalnya

    BalasHapus
  6. iya emang gt gan.. klo ngendus2 benda asing biasanya bersin2

    rajin2 aja diseka matanya tiap pagi pake kapas + air anget. Kucing umur segitu emang hobby belekan sm upilan hahahaha

    BalasHapus
  7. om terimakasih infonya...
    kucing sy lagi kena flu kucing, badannya lemes, matanya belekan , trus ga nafsu makan

    BalasHapus
  8. sama-sama,, semoga cepet sehat empuss nya.. :)

    BalasHapus
  9. klw pake obat manusia, boleh g' ??klw boleh ap obatnya??
    kucingku 4 ekor kena bersin, mata belekan itu, ttp badan g lemas, nafsu makan msh kuat. umur kira2 msh remaja lah

    BalasHapus
  10. wah kalo obat untuk manausia sy blm pernah coba,
    spt nya kurang bgs..
    kalo sekedar vitamin gpp, pake imboos (imun booster)
    klo msh mau makan bagus, berarti blm parah flue nya,
    dikasih vitamin aja sm hrs tetep bnyak makan, dikasih
    kuning telor jg bagus buat vit. alami

    BalasHapus
  11. kucingku aq gak tau kenapa sih, tapi dia tuh lemes uda 2 hari ini, suka seperti flu gitu, sepertinya tenggorokannya sakit, tapi gak bersin2.. gak mau makan juga.. kalo dipegang sih gak panas, cuma suka ngamuk skarang klo dipegang kakinya..nafasnya cepet banget..blum sempet aq bawa ke dokter c.. dikasih apa yah enaknya?? terimakasih...

    BalasHapus
  12. idung nya meler (ingusan) gak? kalo ya
    kemungkinan kena flue tuh..g mesti bersin jg sih,

    wah kalo ngamuk jgn2 kaki nya luka bro..

    nafas kcg kadang emang cpt, ky kottenku jg gt, malah melet2 ky anjing gt..

    kasih vitamin aja bro, sm kasih makanan yg bagus..

    BalasHapus
  13. kucing saya umur sktr 3bln. udh 2 hari ini sakit & ga mau mkn. kyanya sakit tenggorokan. kya yg mau ngeluarin sesuatu dr tenggorokannya. awalnya saya kira ketulangan tp dr kmrn keluar ingus ga berwarna. hr ini kluar darah dr idungnya. mohon petunjuk bro. kasian ngliatnya. blm smpt saya bwa ke dr. hewan. makasih.

    BalasHapus
  14. waduh keluar darah? mungkin itu cm kotoran dr dlm hdung yg mengering..
    warnanya emg kemerahan gt..
    kalo ingusan bening kemungkinan bsr flue sih..
    kalo udah sampe g doyan makan brati udah rada parah..
    coba dikasih aja amoxilin cair, sehari kasih 1ml aja..

    BalasHapus
  15. makasih sob untuk artikelnya ini sangat bermanfaat, kebetulan kucingku mengalami gejala ini.. ane bingung kasihan kalo kucing ane knapa2 :(

    BalasHapus
  16. gan,,,kucingq umur 1th,,,kmren birahi,,bulunya rontok,,
    abis itu ada kucing lain terserang flu,,tp udah smbuh,,,skrg dy aku kasih uning telor ma B12 cz gk mw makan,,,tp tlh beberapa jam kok mlah diem ja ya??lemes gitu.

    mohon pencerahannya gan..terimakasih

    BalasHapus

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)