Tuesday, March 8, 2011

About RAW Food

Hari ini empunya kucingkuimut ngajak ke pasar, pengen beli daging-dagingan. Ngomong-ngomong soal daging, jadi teringat tentang makanan kucing hommade alias RAW food untuk kucing kesayangan. Akhirnya kami memilih daging ayam untuk dijadikan RAW food.

Pemberian pakan kucing hommade sangat bagus untuk diselingkan dengan dry food yang biasanya diberikan kucing kesayangan. Selain agar kucing tidak bosan dengan makanannya, pemberian RAW food dapat menunjang program penggemukan kucing bagi kucing yang mengalami kekurangan berat badan.

Dengan bermodal membaca-baca forum tentang kucing, kita dapat mendapatkan resep dari RAW food tersebut. Dan setelah pikir-pikir akhirnya kami memutuskan untuk memilih daging ayam untuk bahan dasarnya. Pilihannya jatuh pada sayap ayam (bisa bagian yang lain) dan jantung ayam. Selain harganya lebih terjangkau, pemberian takarannya bisa lebih pas serta manfaat dari bahan tersebut dapat memenuhi kebutuhan untuk kucing, seperti lemak pada kulit ayam, protein pada daging ayam, dan taurin (khususnya pada jantung ayam)

1 potong sayam ayam ditambah 3 biji jantung ayam sekiranya dapat digunakan untuk 1 porsi per kucing. Pemberian RAW food secara teratur dipercaya dapat membantu menaikkan berat badan kucing serta menjaga daya tahan tubuh sekaligus menambah stamina.

Cara pembuatan RAW food ini sangat mudah:
  • Pertama cuci bersih ayam yang akan digunakan, potong kecil-kecil, sisakan tulangnya. Tulang ini nantinya akan dimanfaatkan untuk membuat kaldu yang dapat diberikan pada kucing untuk membantu menambah nafsu makan.

  • Setelah daging dan jantung ayam dipotong kecil-kecil, dapat dihaluskan lagi menggunakan blender khusus daging.
  • Gunakan panci pengukus agar dapat melakukan 2 pemasakan sekaligus, air di dalam panci dapat dicampur tulang sehingga setelah mendidih dapat menjadi kaldu, sedangkan uap dari perebusan tulang dapat digunakan untuk mengukus daging yang telah dihaluskan tadi.

  • Kukus sebentar saja jangan terlalu lama agar daging tidak ‘alot’, cukup dilihat ketika daging sudah agak berubah warna segera angkat.

  • Dinginkan daging sebentar, lalu siap diberikan pada kucing kesayangan.
  • Saring hasil rebusan tulang tadi untuk mengambil kaldunya.

tulang ayam yang digunakan untuk membuat kaldu


kaldu yang sudah jadi


Gonzales doyan banget makan RAW Food


Demikian, semoga bermanfaat :)

Artikel Terkait


No comments:

Post a Comment

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)