"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas....?
Serahkan pada saya... Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

Sabtu, 26 Maret 2011

Tips Memperindah Bulu Kucing



Memiliki kucing (terutama ras Persia) dengan bulu yang indah dan sehat adalah hal yang diidam-idamkan semua persian fanciers. Keindahan dan kesehatan bulu ini pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, dimana sebagian dari faktor-faktor tersebut bisa kita kontrol dan sebagian yang lain tidak. Faktor-faktor tersebut adalah :
  • Genetika : Merupakan faktor penentu utama keindahan bulu. Kucing yang mempunyai big coat factor sangat berpotensi menurunkan anak-anak yang mempunyai struktur bulu yang tebal juga. Kucing yang bagus hanya bisa diturunkan dari indukan yang bagus pula.
  • Nutrisi : Bulu terdiri dari 100% protein, oleh karena itu agar bulu kucing anda tumbuh dengan indah anda perlu memberikan makanan dengan kadar protein yang cukup. Hal itu bisa didapat dari makanan komersial (pabrik) yang bermutu tinggi ditambah dengan nutrisi tambahan dari makanan alami kaya protein seperti daging sapi, ikan, atau ayam. baca artikel tentang Nutrisi
  • Cahaya : Kucing mengalami pertumbuhan bulu dan kerontokan bulu secara terus menerus. Kadang kala pertumbuhan lebih cepat dari kerontokan atau sebaliknya. Hal yang mempengaruhi pertumbuhan ataupun kerontokan bulu salah satunya adalah photoperiod, baik berupa lama maupun intensitas cahaya matahari yang diterima kulit. Semakin tinggi photoperiod akan membuat bulu semakin mudah rontok, begitu pula sebaliknya.
  • Suhu : Suhu tidak mempengaruhi langsung pada panjangnya bulu, tetapi lebih berpengaruh pada ketebalan dan pertumbuhan lapisan undercoat. Suhu yang panas bisa menyebabkan rontoknya undercoat. Untuk itu perlu diperhatikan agar kucing (terutama Persian) tidak ditempatkan pada ruangan yang bersuhu terlalu panas, begitu juga dalam hal pengeringan setelah mandi.
  • Umur dan Hormon : Umur sangat mempengaruhi kesehatan bulu, begitu juga dengan tingkat kadar hormon. Contohnya ditemukan pada kucing yang sedang memasuki masa birahi (baik jantan maupun betina) akan mengalami perubahan hormon yang berakibat pada kerontokan bulu, begitu pula dengan induk kucing setelah melahirkan. Dalam kondisi ini, biasanya kucing juga mengalami stress yang menyebabkan turunnya nafsu makan. Berkurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, otomatis akan memperparah tingkat kerontokan.
  • Kebersihan dan Kesehatan Bulu : Menjaga kebersihan dan kesehatan bulu akan mempermudah pertumbuhan bulu baru. Dengan sering memandikan, maka helai bulu akan lebih bersih dan sehat karena membantu proses penggantian dari bulu tua yang tidak sehat dengan tumbuhnya bulu muda yang lebih sehat.
  • Grooming : Bulu yang bersih dan selalu di grooming juga membebaskan dari masalah hair matting yang ujungnya akan berakibat pada kerontokan.
Hal yang perlu diperhatikan pada saat menyisir bulu adalah :

o Jangan menyisir bulu yang basah
o Jangan menyisir bulu yang kotor dengan kasar
o Apabila bulu kusut, sebisa mungkin urai dengan tangan
o Gunakan conditioner untuk memperbaiki kondisi bulu yang kering

Gunakan produk perawatan yang tepat

Pemahaman tentang kualitas bulu pada akhirnya akan membawa kita pada pemilihan shampoo yang tepat untuk kucing kita. Bagaikan perawatan bulu kucing dengan berbagai macam shampoo yang tepat untuk memperindah kondisinya. Misalnya : Volumizing Shampoo, Texturizing Shampoo, Conditioneer, Non-Alcohol mouses & Gel, Colour Enhancing Product, dsb.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)