Tuesday, March 22, 2011

Cara Menaikkan Berat Badan Kucing

Kucing yang baru sembuh dari sakit, sehabis melahirkan, baby cat atau kitten, serta kucing yang kekurangan gizi biasanya terlihat kurus dibandingkan kucing lain. Penampilannya menjadi ringkih dan tidak bersemangat.

Biasanya kucing akan dengan sendirinya makan hingga berat badannya kembali normal. Berat badan kucing betina dewasa normal antara 2,3 - 4,5 kg, sedangkan kucing dewasa jantan 2,5 - 4,8 kg. Kucing yang lebih muda juga perlu dipantau berat badannya untuk mengukur status kecukupan gizinya.

Sedari lahir berat badan kitten ditimbang hingga selesai masa penyapihan menyusunya, kurang lebih 0-12 minggu. Kitten dengan berat badan kurang perlu diwaspadai karena penyakit akan lebih mudah menyerang akibat daya tahan tubuhnya yang lemah.



Kisaran berat badan kitten adalah :


grafik pertumbuhan anak kucing sampai penyapihan


Kitten yang berat badannya kurang dapat dinaikkan secara aman dengan memperbanyak konsumsi protein dan lemak secara seimbang. Baby cat royal canin dapat digunakan untuk kitten berumur 0-4 bulan untuk membantu peningkatan berat badannya. Manfaat peningkatan berat badan ini adalah kitten dapat divaksin tepat waktu saat berumur 2-3 bulan pertama dimana berat badannya telah lebih dari 1 kg. Bila berat badan kitten kurang, maka pemberian vaksinasi akan tertunda hingga berat badannya mencukupi.

Cara meningkatkan berat badan kitten atau kucing dewasa :
  • Memberikan pakan tinggi protein. Boleh juga dengan pakan khusus yang dapat membantu meningkatkan berat badan.
  • Suplemen vitamin dan mineral dapat diberikan untuk kitten yang usianya telah mencapai 1 hingga 1,5 bulan keatas. Sedangkan kitten yang masih berumur dibawah itu dibantu dengan susu pengganti tambahan khusus kucing.
  • Raw food / Hommade Food terbukti lebih cepat meningkatkan berat badan kucing. Makanan yang dibuat bisa divariasikan sesuai kebutuhan untuk memenuhi kecukupan gizi kucing. Bahan-bahan yang digunakan berasal dari ayam, kuning telur, ikan laut (salmon, tuna, atau sesuai selera kucing), atau daging sapi. Sebaiknya raw food langsung disajikan sekali makan dan dalam keadaan matang.
  • Kucing juga perlu olah raga. Pada jam 7-9 pagi kucing-kucing dikeluarkan supaya berolahraga dan terkena sinar matahari pagi.
pemberian suplemen vitamin tambahan salah satunya dapat membantu menaikkan berat badan kucing

Tips-tips diatas sudah dibuktikan pada anak kucing dan induk kucing menyusui. Dalam 3 hari anak kucing (Gonzales) naik berat badannya sebanyak 100 gr, sedangkan induk kucing menyusui berkurang bulu rontoknya dan berat badannya naik 10-15 gr per hari hingga berat badannya normal kembali.

Artikel Terkait


No comments:

Post a Comment

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)