Sunday, March 6, 2011

Cara membuat Wall Climb Cat




Cat lovers, kali ini saya akan sharing bagaimana cara membuat wall climb cat atau tangga-tangga untuk bermain kucing yang ditempel di tembok kandangnya.

Wall climb ini berfungsi sebagai alat bantu agar kucing Anda bisa berolahraga, dengan naik turun tangga, maka kucing Anda akan cukup memenuhi kebutuhannya untuk berolahraga sehingga kucing Anda tidak mengalami obesitas dibandingkan hanya duduk dan tidur sepanjang hari di dalam kandangnya.

Selain itu wall climb ini dapat berfungsi sebagai pemanis kandang kucing Anda, kandang akan terlihat lebih rapi dan indah dilihat. Anda dapat menyusun sendiri tangga sesuai tempat yang Anda inginkan, sehingga nilai estetika dari kandang kucing akan meningkat. Membuat Anda nyaman berada di kandang kucing, dan kucing Anda pun senang bisa bermain di situ.

Ide dari pembuatan wall climb cat ini berasal dari pengamatan saya terhadap kucing-kucing saya yang suka ‘manjat-manjat’ kandang. Kandang kucing saya berupa kandang outdoor yang sebagian dilapisi oleh kawat-kawat tebal persegi, bentuk dari kawat tersebut memancing kucing-kucing saya untuk memanjat, beraksi seperti ninja, kucing saya berhasil berada di lantai atas kandang.

Lama-lama saya merasa kasian kalau kucing saya terus-terusan bergelantung seperti ninja untuk mencapai lantai atas kandang. Maka dari itu saya mempunyai gagasan untuk membuat wall climb cat ini di pinggir-pinggir tembok, sengaja saya menyusun tangga kucing ini memanjang ke samping atas, agar enak dilihat, serta kucing dapat dengan mudah naik ke lantai atas.

Baiklah itu tadi sejarah bagaimna saya bisa menciptakan tangga olahraga kucing. Sekarang saya akan memberi tips bagaimana cara membuatnya dengan bahan dan alat yang sederhana, dan juga dengan biaya yang cukup murah.

Oke, ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:
  • Kayu
    Kayu yang telah dipotong dengan ukuran 40 cm x 20 cm

  • Kain flanel
    Kain flanel tersedia dalam berbagai pilihan warna

  • Penyangga besi siku
  • Sekrup ukuran besar
  • Sekrup ukuran kecil
  • Fisher

Sedangkan alat-alat yang diperlukan:
  • Obeng
  • Palu
  • Bor
  • Mata bor kayu
  • Mata bor beton
  • Paku
  • Pensil
  • Penggaris
  • Staples
Langkah-langkah pembuatannya:

Pertama, kita akan memilih kayu yang cocok, jenis kayu bebas, makin kuat makin bagus, namun sekedar saran pilihlah kayu yang agak lunak, gunanya adalah memudahkan di saat pemasangan namun tidak bersifat menyerap air agar kayu tidak busuk. Tips: apabila kedapatan kayu yang agak basah, jemur dulu kayunya selama beberapa hari. Setelah kering untuk tambahan bisa dilakukan pengecatan pada kayu tersebut agar awet, tidak dimakan rayap.

Pilih kayu dengan tebal antara 1,5 cm - 2 cm, ini merupakan tebal ideal yang kuat dijadikan sebagai pijakan kucing. Lalu potong kayu sesuai ukuran yang diinginkan, disini saya memotong kayu dengan ukuran 40 cm x 20 cm, sesuai dengan ukuran kandang kucing yang saya miliki. Jumlah kayu menyesuaikan. Tips: pesanlah kayu di tempat meubel rumahan yang menjual kayu batangan, bisanya di tempat itu harganya lebih murah dan ada jasa pemotongan sekaligus penghalusan kayu.

Kedua, siapkan penggaris dan pensil, buatlah gambaran susunan tangga pada tembok kandang, sesuaikan ukurannya. Pastikan garisnya jelas sehingga Anda dapat mengkira-kira bagaimana nanti hasil yang akan dihasilkan. Tips: buatlah arah susunan yang disukai kucing Anda, atau arah yang bisanya kucing suka menuju ke tempat itu, contoh: miring ke atas menuju lantai atas kandang.





Ketiga, siapkan kain flanel, kain ini cocok karena kain ini memiliki tekstur yang biasanya disukai kucing dan harganya juga terjangkau. Potong kain flanel sesuai dengan ukuran kayu yang telah dipotong tadi, lalu tempelkan menggunakan staples, pastikan Anda menempelnya dengan kuat agar tidak cepat kendor apabila digunakan kucing untuk mengasah cakarnya. Tips: belilah kain flanel di tempat yang menjual pernak pernik kerajinan tangan dari kain / manik-manik, bisanya disana menjual kain flanel dengan ukuran per-meter, sehingga harga lebih hemat dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Keempat, siapkan penyangga besi siku dan pensil, tempelkan besi tersebut pada garis yang telah Anda buat tadi, tandai lubang sekrup menggunakan pensil, nantinya kita akan mengebor lubang tersebut. Catatan: tiap kayu yang akan ditempel setidaknya dibuat 2 penyangga besi siku agar kokoh. Tips: manfaatkan penggaris untuk membuat posisi besi siku tersebut lurus, caranya tempelkan besi siku lalu letakkan penggaris di atasnya, pastikan penggaris tersebut lurus, setelah lurus Anda dapat menandi lubang sekrup dengan pensil.



Kelima, siapkan Bor dengan mata bor beton, fisher, sekrup ukuran besar, dan obeng. Lubangi dengan bor pada titik yang telah anda tandai menggunakan pensil tadi, tentu saja dengan menggunakan mata bor beton apabila kandang kucing Anda bertembok beton. Setelah itu masukan fisher pada lubang yang telah dibuat tersebut.



Sesuaikan ukuran sekrup dan fisher dengan ukuran lubang pada penyangga besi siku, disini saya menggunakan fisher dengan ukuran S6. Setelah semua titik telah terpasang fisher, pasang penyangga besi siku dengan menggunakan sekrup, kencangkan dengan menggunakan obeng. Tips: gunakan paku dan palu untuk sedikit melubangi titik yang akan dibor, gunanya untuk memudahkan proses pengeboran agar posisi mata bor tidak meleset dari titik yang telah ditentukan.







Keenam, pasang kayu yang telah ditempel kain flanel di atas penyangga besi siku menggunakan sekrup ukuran kecil, sesuaikan ukuran sekrup dengan tebal kayu, jangan sampai melebihi tebal kayu tersebut. Agar kuat pasang sekrup setidaknya 2 buah di setiap besi penyangga. Tips: untuk memudahkan pemasangan kayu, sebelumnya beri tanda dengan pensil berupa titik pada kayu dari lubang sekrup di besi penyangga, lalu lubangi sedikit titik tersebut menggunakan bor dengan mata bor kayu.

Demikian penjelasan cara membuat wall climb cat, berikut foto-foto yang telah jadi pada kandang kucing saya:








Artikel Terkait


2 comments:

  1. Wahh klw punya hewan piaraan bisa enak nechh,..


    jadi pengen punya hewan piaraan,....

    ReplyDelete
  2. enak dong, kucing nya bs loncat2, gak stres dikurung di kandang trs..

    ReplyDelete

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)