"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas....?
Serahkan pada saya... Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

Kamis, 10 Februari 2011

Memilih Kandang Kucing

memilih kandang kucing, kandang kucing indoor, kandang kucing outdoor, tempat tidur kucing, rumah kucingKandang kucing diibaratkan rumah kucing, tentunya harus menyediakan fasilitas kucing sehingga kucing cukup nyaman di dalamnya dan tidak merasa seakan-akan terpenjara.

Saat ini dijual cukup beragam jenis kandang kucing. Pemilihan kandang kucing yang terpenting adalah ukuran dan kekokohan kandang, kenyamanan dan kelengkapan keperluan kucing cukup masuk di dalam kandang.

Kucing akan menghabiskan banyak waktunya di dalam kandang, baik kucing jantan maupun betina. Namun, pada umumnya kucing betina akan merasa lebih betah dibandingkan kucing jantan. Hal tersebut wajar, disebabkan kucing betina bersifat keibuan, khususnya untuk kucing yang sedang memiliki anak-anak sehingga ia lebih memilih menjaga kandangnya dari kucing-kucing lain. Kucing jantan jenderung berkeliling menjaga teroterialnya dari kucing lain, ia akan lebih sering meninggalkan kandang dan memeriksa wilayahnya. Bila kedapatan ada kucing “liar” yang masuk dalam wilayahnya, ia akan gelisah dan meninggalkan tempat tinggalnya untuk mengusir kucing tersebut.

Kandang kucing dibagi menjadi dua, yaitu kandang indoor dan outdoor. Kandang kucing indoor dapat diletakkan di dalam rumah atau ruangan. Bentuknya persegi dengan bahan yang terbuat dari baja tahan karat. Kandang indoor kecil digunakan untuk anak kucing yang disapih dari induknya, kira-kira paling kecil berukuran 80 cm x 50 cm, kandang berukuran sedang, besar, atau kandang dengan tingkat dapat dipilih sebagai alternatif “rumah” kucing. Pilih kandang yang sesuai dengan ukuran tubuh kucing, apakah kucing cukup besar sehingga terasa tidak nyaman saat tidur dengan kantong pup dan tempat makan di kanan-kirinya atau masih tersisa tempat untuknya. Kandang dengan tempat tidur khusus yang diletakkan di atas lantai kandang bertingkat lebih baik dari pada kandang yang lebih pendek. Apapun pilihan kandang indoor, sebaiknya bersihkan kandang sehari sekali atau minimal dua hingga tiga hari sekali untuk menghindari bibit penyakit bersarang di sela kandang atau tempat pup-nya dengan cairan khusus mengandung disinfektan.


Kandang kucing indoor:



spoiler




Kandang outdoor dibangun sendiri di luar dari ruangan, kandang tersebut dapat dimodifikasi sesuai kehendak, ukuran dan model kandang dapat bervariasi. Kucing akan merasa lebih nyaman karena ruangan yang disediakan cukup luas untuk bermain, makan, minum, pup, dan tidur ditempat-tempat yang berjauhan. Kandang ini dapat dibuat dari kawat baja atau kaca mempertimbangkan sirkulasi udara yang supaya tetap bagus dalam kandang. Perlu juga kandang outdoor diberi kandang indoor supaya kucing tidak bosan. Fasilitas yang dapat dimasukkan dalam kandang adalah tempat tidur kucing, misalnya bantal kucing, meja atau kursi, tempat makan dan minum, tempat pup dan beberapa mainan kucing bila ada kitten di dalam. Contoh kandang kucing outdoor yang sesuai adalah seperti gambar di bawah ini :


Kandang kucing outdoor:



spoiler




Kandang dibuat dengan beberapa sekat, sehingga memudahkan memisah kucing yang memang perlu dipisah, misalnya kucing hamil yang hendak melahirkan harus dipisahkan dari pejantannya.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)