Monday, February 14, 2011

Merawat Anak Kucing

Anak kucing perlu dirawat agar kesehatannya selalu terjaga, organ-organ penting yang perlu dijaga kebersihannya adalah bagian telinga, mata, gigi, kuku, dan rambut-rambut disekitar kaki kucing. Membersihkan organ penting perlu dilakukan secara berkala, misalnya 1-2 minggu sekali. Pemeriksaan tersebut dimaksudkan untuk pencegahan penyakit lainnya yang dapat menyerang anak kucing yang masih rentan. Membersihkan organ penting dari kucing dapat dilakukan setelah kucing dimandikan. Langkah membersihkan tubuh kucing adalah :Bagian sekitar telinga hingga lubang telinga dibersihkan menggunakan cutton bud yang diberi baby oil atau cairan pembersih telinga. Caranya adalah dengan melipat daun telinga ke arah luar lebih dulu kemudian bagian dalamnya diseka secara perlahan.

Bagian mata dibersihkan menggunakan kapas yang dibasahi air hangat, kapas diusahakan cukup basah untuk menghilangkan kerak belek bila mata kucing sering berair, kemudian keringkan menggunakan tissue lembut tanpa parfum. Salep mata, misalnya terrakotil hydrocorticone, boleh dipakai apabila mata kucing sangat sering mengeluarkan kotoran.

Bagian gigi juga perlu diperiksa secara rutin, khususnya pada anak kucing. Buka mulut kucing secara perlahan dan gosokkan sikat gigi dan pasta gigi khusus kucing yang dapat di beli di pet shop. Gosok naik turun namun jangan sampai melukai gusi dan langit-langit mulut kucing. Pasta gigi yang digunakan aman ditelan dan tersedia dalam berbagai macam rasa, pilihkan rasa ikan agar kucing menyukainya.

Bagian jari-jari kaki kucing penting dibersihkan untuk menghindari menumpuknya bibit penyakit pada sela-sela jari kaki atau kuku. Kuku yang panjang dapat menyebabkan kucing merasa sakit apabila berjalan, dan bulu-bulu yang tidak rapi di sekitar kakinya akan menjadi sarang kuman. Potong kuku kucing pada bagian yang menghitam dan kasar ujungnya, sedangkan bulu disekitarnya digunting supaya tampak rapi.

Bagian tubuh lain yang memerlukan pemeriksaan adalah dubur dan alat kelamin kucing. Bagian tersebut cukup dibersihkan menggunakan kapas yang dibasahi air, disisir, kemudian dikeringkan. Jangan menaburkan bedak kucing pada bagian tersebut. Apabila anda menggunakan bedak kucing setelah mandi maka bulu-bulunya harus benar-benar kering supaya tidak meninggalkan kerak yang akan menumbuhkan jamur pada kulit.

Bulu atau rambut kucing juga perlu diperhatikan supaya keindahannya tetap terjaga, sisir bulu kucing secara rutin setiap hari. Gunakan sisir yang terbuat dari steinless steal dan pilih sisir yang tidak melukai kulit. Pakailah sisir bergigi jarang lebih dulu untuk merapihkan bulunya, lalu sisir sikat untuk mengangkat bulu mati. Penyisiran secara rutin bermanfaat untuk mengurangi gejala “muntah bulu” atau hair ball.

Perlengkapan yang perlu disiapkan adalah :
  • Kapas
  • Cutton bud
  • Cairan pembersih telinga
  • Cairan pembersih mata atau salep matamerawat anak kucing, kapas, cutton bud,cairan pembersih telinga, salep mata
  • Sisir bergigi jarang
  • Sisir sikat
  • Gunting
  • Gunting kuku
    sisir bergigi jarang, sisir sikat, gunting kuku, gunting, sisir kucing

Artikel Terkait


No comments:

Post a Comment

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)