"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularity web anda secara cepat dan tak terbatas....?
Serahkan pada saya... Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2"

Minggu, 27 Februari 2011

Mengatasi Mata Belekan Pada Kucing

Gangguan ini merupakan salah satu gangguan yang sering diderita oleh anak kucing. Tanda-tanda kucing yang mengalami mata belekan adalah warna keruh pada mata dan sering lengket. Beragam penyebabnya. Anda bisa memeriksakannya lebih dahulu ke dokter hewan untuk mengetahui penyebab mata lengket hingga timbulnya belek disekitar mata, sekaligus akan dicarikan jalan keluarnya. Beberapa kondisi berikut ini disebabkan oleh faktor yang berbeda, antaranya :
  • Mata kucing dapat terlihat keruh kecoklatan tanpa adanya infeksi yang mengganggu dan kotoran mata tidak berbau. Anda cukup membersihkan matanya dan memberikan obat tetes mata sesuai anjuran dokter. Mata kucing yang tampak seperti itu disebabkan kontaminasi cairan ketuban induk kucing atau darah saat persalinan.
  • Bagian mata terlihat menguning kehijauan dan berbau, bengkak, kemerahan, serta kedua kelopak mata lengket, penuh belek hingga keluarnya nanah. Hal ini menunjukkan bahwa mata kucing mulai terinfeksi sehingga dapat menyebabkan kecacatan kornea mata yang menimbulkan kebutaan. Selain itu, dapat menyebabkan peradangan selaput mata. Penyebabnya adalah infeksi kuman yang tertular dari induk saat persalinan. Atasi dengan membersihkan mata kucing dengan kapas yang dibasahi air hangat atau washlap, serta membawanya ke dokter hewan. Dokter akan memberikan antibiotik dan salep mata.
  • Gangguan lain yang menyebabkan mata menjadi lengket adalah akibat gangguan anatomis, yaitu tersumbatnya saluran air mata. Air mata yang berada di sekitar kelopak mata bagian dalam tidak bisa dialirkan ke bagian hidung, lama kelamaan air tergenang sehingga debu yang berterbangan menempel pada mata. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan adanya infeksi. Gejalanya adalah mata kucing selalu berair dan ada beleknya terutama di pagi hari, mata yang terinfeksi tidak berbau. Atasi masalah tersebut dengan membersihkan mata kucing, memberikan obat tetes mata antibiotik atas anjuran dokter hewan, serta melakukan pijat terapi pada ujung mata di dekat pangkal hidung dapat dikerjakan untuk membantu membuka sumbatan saluran air mata. Pemijatan ini juga bertujuan untuk menjaga kantong mata supaya tetap kosong sehingga memperkecil kemungkinan kuman penyebab infeksi berkembang. Bila terapi hasilnya tidak memuaskan, pilihan terapi bedah harus dipertimbangkan.


Genangan air pada mata umumnya terjadi karena saluran yang menghubungkan kantung air mata ke hidung tertutup oleh membran atau selaput yang tidak membuka saat baru lahir. Sumbatan saluran mata pada umumnya dapat hilang dengan sendiri apabila anak kucing berinjak dewasa.

Artikel Terkait



2 komentar:

  1. Wah, tips yang satu ini memang sangat ampuh yah..
    bener, ngak belekan lagi :)

    BalasHapus
  2. jika tidak mau mata kucingnya belekan, maka yang harus dilakukan adalah senangtiasa menjaga kesehatan, makanan dan kebersihan kucing, dijamin pasti terhindar (+ vaksin juga atas kesehatan kucing)

    BalasHapus

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)