Sunday, February 27, 2011

Mengatasi Bulu Yang Tidak Tumbuh Pada Anak Kucing



Aku pernah punya pengalaman anak kucing persia yang baru aku beli bagian kepala, kaki, dan ekornya tidak tumbuh bulu. Hanya rambut halus yang lebih pendek dari rambut lainnya di bagian tersebut sehingga tampak botak. Keterangan menurut pemilik sebelunmnya, kucing ini botak seperti itu bukan disebabkan karena jamur, pitak, atau penyakit lain. Tetapi karena bekas susu yang mengerak pada bagian-bagian tubuhnya dan kotoran yang menempel serta sulit dibersihkan sehingga membuat bulunya tidak tumbuh. Pada kasus seperti ini penanganannya cukup mudah, tipsnya adalah :

Sisir bagian yang botak dua kali sehari dengan menggunakan sisir bergigi rapat. Sisir dengan arah berkebalikan dengan arah tumbuh bulu.

Bersihkan kerak-kerak yang bersisa pada bagian tersebut. Penyebab bulu tidak tumbuh dikarenakan adanya kerak yang menghalangi pertumbuhan bulu sehingga tidak timbuh panjang.

Sering basahi bagian yang botak, bisa dengan memandikannya atau dibasahi dengan vitamin rambut yang dapat digunakan khusus untuk kucing. Anda juga bisa memberinya toner penumbuh rambut.

Jaga kebersihan sekitar bulu yang botak. Misalnya, di bagian ekor sering terkena bekas kotoran sehingga mengering dan sulit dibersihkan.


Artikel Terkait


No comments:

Post a Comment

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)