Saturday, April 9, 2011

Sudahkah Kucing Anda diGrooming?

Cara memandikan kucing, cara membersihkan telinga, grooming, Membersihkan mata, Memotong kuku, Menggrooming kucing, merawat kucing
Menggrooming kucing bisa membuat kucing senang, ya, bulunya jadi bersih dah sehat, tentunya dia akan merasa nyaman dengan bulu yang diilkinya. Menggrooming kucing merupakan kegiatan rutin dan juga penting yang dapat kita lakukan sehari-harinya.

Kucingku Bleki mempunyai bulu yang pendek, akan tetapi bulunya lebat dan dia selalu menjilatinya setiap hari. Kebiasaan ini akan menimbulkan masalah hairball apabila kita tidak membantunya dengan cara menggrooming kucing kita.

Memang, pada dasarnya kucing dapat menggrooming dirinya sendiri. Hampir setiap hari ketika mereka santai selalu menjilati bulu nya. Dengan menjilati bulunya maka bulu mereka akan terjaga kebersihannya dan kerapiannya. Bulu-bulu mati yang tersangkut diantara bulu yang lain akan menggumpal, dan lidah kucing merupakan alat yang sempurna untuk mengangkat bulu-bulu mati tersebut.

Menggrooming kucing dapat memberikan banyak manfaat, antara lain dapat menjaga hubungan antara majikan denga kucingya. Rasa kasih sayang dan sedikit memanjakan kucing akanmemberikan perasaan kepercayaan kucing terhadap Anda. Inilah salah satu alasan mengapa kegiatan menggrooming dapat dimulai ketika kucing masih kecil, nantinya kucing Anda akan menjadi penurut.

Dengan membiasakan kegiatan tersebut maka kucing Anda akan lebih mudah ditangani, dan tidak menjadi nakal. Sehingga memudahkan Anda apabila suatu saat kucing Anda perlu dibawa ke dokter hewan. Karena banyak kasus kucing merasa takut bahkan kabur ketika dibawa ke dokter hewan karena susah nurut.

Dengan menggrooming tentu saja dapat mengurangi masalah rambut menggimbal, selain itu dapat mengurangi hairball, khususnya pada kucing berbulu panjang. Dan yang tak kalah penting Anda dapat memeriksa tubuh kucing Anda baik telinga atau badannya, apakah kotor atau terdapat luka-luka karena bekas garukan, ataukah kucing Anda terserang penyakit jamur dan kutu.

Point penting dalam menggroming adalah:
  • Menyikat bulu
  • Memandikan
  • Memotong kuku
  • Membersihkan telinga
  • Membersihkan mata
Dua prosedur yang dapat dilakukan adalah yang pertama periksa badannya apakah terdapat benjolan atau luka dan mengambil bulu-bulu mati serta mengecek apakah kucing Anda memiliki masalah kutu dan jamur.

Prosedur yang kedua adalah periksa apakah ada dari bagian tubuhnya yang mengalami pembengkakan? Apabila ada bagian yang cenderung menunjukkan warna kemerahan dan pada bagian itu sering dijilati oleh kucing yang dapat menimbulkan masalah, sebaiknya segera hubungi dokter hewan.

Memulai grooming

Semakin awal Anda melakukan grooming pada kucing Anda maka semakin mudah untuk menangani kucing Anda. Kebanyakan kucing menolak untuk digrooming lengkap dalam waktu bersamaan mulai dari menyikat bulu sampai membersihkan matanya. Kucing akan meronta bahkan menggigit apabila mereka sudah mulai bosan dan tanpa Anda berikan tahapan grooming.
Jadi ide yang bagus adalah jangan melakukan seluruh perawatan sekaligus, karena hal itu akan membuat kucing Anda stres dan mungkin akan melukai Anda.

Langkah-langkah dasar dalam menggroming kucing

Langka pertama, mulailah dengan memberikan belaian lembut pada kucing Anda.

Langkah kedua, pilah-pilah bulunya dan perhatikan apakah terdapat benjolan, luka, jamur atau kutu.

Langkah ketiga, periksa di sela-sela jari kakinya apakah terdapat tumpukan bulu yang menggumpal.

Langkah keempat, pastikan kuku tidak terlalu panjang, jika iya segera potong.

Langkah kelima, bersihkan kotoran yang terdapat di dalam telinga kucing menggunakan kapas atau cotton bud, bila perlu gunakan cairan pembersih telinga.

Cara memandikan kucing, cara membersihkan telinga, grooming, Membersihkan mata, Memotong kuku, Menggrooming kucing, merawat kucingLangkah keenam, mandikan kucing apabila diperlukan, sebelum dimandikan pastikan kucing sudah digrooming secara menyeluruh. Namun kucing jangan terlalu sering dimandikan sebab dapat menghilangkan minyak alami yang keluar dari tubuhnya yang dapat melindungi dia dari kotoran dan air, karena minyak bersifat anti air, sehingga air tidak sampai ke kulit kucing yang dapat menyebabkan kulit menjadi lembab lalu tumbuh jamur.

Catatan: seberapa sayangnya Anda terhadap kucing belum tentu dapat diterima oleh kucing, perlakuan Anda yang berlebihan bisa menjadi suatu trauma bagi kucing Anda dan dapat menjauh dari majikannya. Oleh karena itu perlakuan yang telah dijelaskan diatas lakukanlah ketika kucing sedang dalam kondisi senang atau santai, jangan lupa awali dengan kelembutan. Bleki kucingku jarang dimandikan, tetapi setiap hari saya perlakukan dengan cara tersebut. Pada awalnya memang dia suka berontak dan tidak jarang mencakar atau bahkan menggigit, namun semakin sering treatment itu dilakukan, kini Bleki duduk diam sampai dia selesai digrooming.

Artikel Terkait


No comments:

Post a Comment

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)