Friday, February 17, 2012

Ketika Bleki Go Internasional


Jangan kaget ya baca judulnya, Bleki gak pergi ke luar negri beneran kok..

Cuma disini saya membawa permasalahan Bleki waktu dia lagi sakit ke forum internasional.

Web ini merupakan salah satu web besar versi luar negri khusus tentang kucing persia, traffic nya selalu rame tiap hari.

Tentunya disana disediakan forum untuk saling share segala sesuatu tentang kucing persia.

Denger-denger sih di forum itu banyak pakar profesional dunia kucing yang siap melayani segala pertanyaan yang ada, oleh karena itu saya iseng-iseng bertanya di forum tersebut mengenai permasalahan Bleki, kucing saya yang sedang sakit dulu.

Oya, kalo mau langsung meluncur ke topik nya versi web tersebut, bisa klik di sini

Bleki pas lagi sakit, tidurnya di tempat pup, kasian..

Di bawah ini saya kutip percakapan yang ada di topik tersebut (beserta terjemahan nya), siapa tau Cat Lovers sekalian juga punya permasalahan yang sama

Blacky my male cat was sick since a few days, his eyes are always wet with green on it, frequent sneezing.

He was taken to the vet, has been given prescription medication injected and shaped capsule.

The problem is Blacky wont take the capsules, he was given a special injection to take the capsules, it remains difficult, consequently i have claw in my hand. I've try another way contrived powder capsule and then give it to him but then he throw up with mouth foaming. It's really hard to give Blacky oral medication.

Is there any other way (other than the need hospitalization) because Blacky won't eat since 2 days :cry:

thankyou.
"Kucing saya Bleki sakit sejak beberapa hari yang lalu, matanya berair mulu, kadang keluar cairan warna ijo kentel, udah gitu sering bersin-bersin lagi?

Bleki nya sih udah dibawa ke Vet,  sama dokter disuntik, sama dikasih obat dalam bentuk kapsul.

Masalahnya, Bleki tuh paling gak bisa disuruh minum obat, apalagi obat kapsul? sama dokter udah dikasih pelontar kapsul, tapi ya sama aja susah, yang ada malah saya dicakar-cakar sama Bleki. Bahkan saya sudah coba mengambil serbuk dari kapsul itu dan mencampurnya dengan air lalu dengan suntikan saya masukan ke dalam mulutnya agar obatnya tertelan, eh malah dimuntahin..? Jadi berbusa gitu mulutnya?

Apakah ada cara lain? Bleki sudah tidak makan 2 hari nih.

Trims."

I'm sorry to hear Blacky is sick and won't eat. It's no fun for him or you!

With many medication, if you break up a pill or capsule, the taste is horrible so the cat throws it up or foams at the mouth, so you have to get the capsule in whole. Here's a brief outline of my technique:
    First, coat the capsule with butter. This will make it both tasty to him and easier for him to swallow.

    Second, carefully with your first and middle finger on your left hand, grasp his upper jaw and lift up and slightly back.

    Third, when he opens his mouth, push the capsule into the back of his mouth, as far back as you can, but definitely past the arch on his tongue.

    Fourth, let him close his mouth and gently hold is shut, while stroking his throat to swallow. Some people suggest blowing gently on his nose also.

Some medication does come in a liquid form with flavors added. You could check with your vet. Alternatively, if you can't get the capsules in and the medication doesn't come in a liquid, perhaps the vet can teach you to give him injections.

Now, about this not eating -- please don't let him go longer than 4 days, or he may develop liver problems. You can use the above technique to scoop up a small bite of food and put that into his mouth. Not only is it good practice for you, but a few bites several times a day will prevent liver problems.
"Duh kasian banget ya Bleki sakit ampe kayak gitu..

Memang kalo kapsul dipecah terus dikasihkan langsung ke kucing rasanya jadi sangat pahit, dan pasti dimuntahin terus berbusa mulutnya. Jadi ya tetep harus dikasih langsung se-kapsul nya, ini tips nya:

Pertama, lapisi kapsul dengan butter, biar ada rasa-rasa nya dikit, & gampang ditelen.

Kedua, buka lebar-lebar mulutya dengan jari kiri mu, hati-hati kegigit.

Ketiga, ketika mulutnya sudah terbuka lebar, masukan kapsul hingga pangkal lidahnya.

Keempat, segera tutup mulutnya secara lembut, lalu tahan. Kadang dengan meniup hidung nya, secara tidak sengaja kucing akan menelan kapsul tersebut, hehe.. coba aja.

Biasanya obat cair gak ada yang rasa-rasa, pasti semua pahit, jika dokter tidak memiliki obat cair, minta tolong kepada dokter bagaimana cara memberi obat kapsul dengan pelontar kapsul.

Masalah gak mau makan, tolong ya, jangan sampe Bleki gak makan lebih dari 4 hari, bisa-bisa tar malah ginjalnya kena masalah. Coba deh sebisa mungkin dikasih makan dengan cara yang udah saya jelaskan di atas. Sedikit makanan yang masuk ke dalam mulutnya sangat berarti untuk mencegah masalah pada ginjal nya."


Seterusnya langsung aja baca ke web nya ya.. topik nya silakan klik di sini. Kutipan tadi sudah menjawab permasalahan utama kok.

Dan dengan melakukan tips tersebut, ternyata berhasil, dan beberapa hari setelah nya Bleki baikan, serta mau makan lagi.

Bleki udah doyan makan lagi


Artikel Terkait


No comments:

Post a Comment

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)