Monday, April 23, 2012

Kesal Karena Kucing Anda Spraying Sembarangan?

Kucing kadang-kadang akan melakukan spraying  di lingkungan rumah mereka, di dalam ataupun di luar ruangan. Kucing yang telah dikebiri kadang-kadang masih bisa melakukan spraying, baik kucing jantan maupun betina, namun kucing jantan yang paling umum. Ini adalah perilaku kucing yang normal. Mereka akan menyemprotkan air seni untuk menandai wilayah mereka, terutama jika ada lebih dari beberapa kucing di daerah tersebut. Menyemprotkan air seni di sekitar tempat tinggal kucing, merupakan perilaku komunikatif ditujukan kepada kucing yang lain supaya tahu, bahwa mereka telah menandai wilayah mereka.

Spraying yang dilakukan kucing biasanya merupakan reaksi terhadap ancaman bagi wilayah kucing tersebut. Ketika kucing melakukan spraying , dia mengangkat ekornya dan membelakangi objek semburan,  lalu menyemprotkan sedikit air seni setinggi kakinya dari lantai. Kucing akan menyemprotkan pintu, furnitur, barang-barang milik majikannya, dan bahkan kadang-kadang majikannya sendiri bisa kena semprot. Sementara, perilaku spraying yang tujuannya untuk menandai daerah teritorial, biasanya ditandai pada permukaan vertikal, kadang-kadang akan kucing berjongkok saat menandai.
 ilustrasi kucing pada saat akan melakukan spraying


Anda harus memahami bahwa perilaku
kucing seperti ini adalah sifat naluriah. Kucing liar secara rutin melakukan spraying untuk menentukan wilayah mereka dengan aroma nya. Sedangkan kucing indoor yang melakukan spraying untuk menandai wilayahnya, biasanya merupakan reaksi terhadap situasi di lingkungannya. Hal tersebut dilakukannya mungkin karena adanya pengenalan kucing tambahan di rumahnya, melihat atau mendengar kucing lain di luar rumah, tantangan perkelahian dengan kucing lain, atau perubahan suatu komponen di dalam rumahnya, seperti pindahnya atau ketiadaan dari salah satu anggota yang tinggal di rumah, kegiatan di dalam rumah yang membuat bising, tamu rumah , atau jadwal kebiasaan yang berbeda.




Cara Mencegah Kucing melakukan kebiasaan spraying


Dengan mengkebiri kucing jantan sebelum ia mencapai kematangan seksual dapat membantu mengurangi kesempatan pada kucing tersebut untuk melakukan spraying sebagai kucing dewasa. Kucing dapat dikebiri secara aman sejak umur delapan sampai sepuluh minggu.
Saat ini, terdapat alat yang mampu mendeteksi serta mencegah kucing saat akan melakukan spraying, alat tersebut berupa alarm bernama SprayAlert.


SprayAlert ini terdiri dari dua bagian: Unit Alarm elektronik, dan Sensor Semprot / Spray yang dapat digunakan kembali. Sensor spray ditempatkan di mana kucing Anda biasanya melakukan spaying, dan terhubung ke unit alarm melalui kabel colokan 3. Spraying, biasanya dilakukan kucing pada beberapa tempat yang sama. Unit alarm ditempatkan di dekatnya tetapi di luar daerah spraying.

Ketika Sensor Spray mendeteksi kucing yang melakukan
spraying, alarm akan berbunyi dan sebuah LED akan berkedip warna merah. Alarm akan berhenti berbunyi setelah 30 detik, sedangkan lampu merah terus berkedip sampai unit di-reset. Jadi ketika Anda berada di tempat lain, tidur, atau keluar dari jangkauan alarm, Anda akan tahu bahwa kucing Anda telah melakukan spraying. Kerusakan serius karena urin kucing yang menempel pada perabotan rumah Anda, dapat dicegah dengan membersihkannya segera.

Unit alarm ini kompak, berukuran (2,6 "x 2,6" x 1,1 "). Menggunakan baterai
9 volt yang dapat diganti.

Sensor Spray terbuat dari tinta hitam  konduktif
tahan lama, dicetak pada bahan plastik tipis fleksibel. Bila kelembaban terjadi pada celah kecil antara konduktor yang berdekatan, maka akan memicu alarm berbunyi. Sensor Spray dapat dengan mudah dibilas dan digunakan berulang kali.

Dua tipe Sensor Spray yang tersedia: Sensor Spray utama yang digunakan dalam kebanyakan situasi, dan
Sensor Spray "Rectangularuntuk digunakan pada permukaan yang sempit seperti kaki meja. Sensor Spray terpasang pada konektor di kedua sisi unit. Dua sensor tersebut dapat digunakan secara bersamaan, karena unit alarm memiliki dua  konektor. Perekat disediakan untuk membantu dalam memasang sensor untuk berbagai jenis permukaan.
Sensor Spray utama berukuran (7/8" x 7 1/8") panjang dan kecil, cocok untuk dipasang pada permukaan seperti dinding, pintu, jendela dan lemari. Penempatannya sedikit di bawah ketinggian kucing saat melakukan spraying. 

Sedangkan Sensor Spray "Rectangular" berukuran (1 3/4" x 4 3/8") dapat digunakan pada tempat yang lebih sempit, permukaan vertikal, seperti kaki meja dan furnitur lain. Sensor ini dapat disematkan pada tirai atau gorden. Pola konduktor bersudut 45 derajat, memungkinkan untuk pemasangan baik ke samping maupun vertikal.



Berikut animasi petunjuk pemasangan alat SprayAlert





Artikel Terkait


3 comments:

  1. kucing jantanq gak spraying malah kencing sembarangan,dikit2,dan di mana-mana jadinya ruangan pada bau pesing.....

    ReplyDelete

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)