Saturday, April 26, 2014

Kucing Akan Menoleh Ketika Dipanggil "Pus" Apa alasannya?

Mengapa Kucing Menoleh saat dipanggil “Pus”?

Ketika sedang baca-baca tulisan di forum Kaskus, saya menemukan tulisan yang cukup menarik: Mengapa Kucing Menoleh saat dipanggil “Pus”? 

Sering kali ketika kita berada di rumah, ada kucing liar yang masuk ke rumah untuk minta makan. Lalu kita biasanya memanggil kucing itu dengan panggilan “pus”. Anehnya, kucing yang tidak mengerti bahasa manusia atau kucing yang sebenarnya tak bernama itu mampu mengerti dan menoleh saat kita memanggilnya begitu.

Jadi mengapa kucing merespon saat dipanggil “pus”?


Sebenarnya fenomena kucing menoleh saat dipanggil “pus” ini mirip dengan fenomena anjing Pavlov.

Tahukah kalian anjing Pavlov?

Seorang peneliti bernama Ivan Pavlov melakukan penelitian terhadap anjing. Penelitian ini dilakukan dengan cara membunyikan bel ketika akan memberi makanan pada anjing-anjing ini. Lama-lama, anjing-anjing Pavlov akan mengeluarkan air liur setiap kali mendengar suara bel karena mereka telah mengasumsikan suara bel dengan waktu makan. Nah, begitu juga dengan para kucing. Orang biasamemanggil “pus” ketika akan memberimakan kucing atau ingin membelai-belai kucing. Baik makanan atau dibelai, dua-duanya merupakan dua hal yang disukai oleh kucing. Makanya, kucing akan menoleh jika mendengar dipanggil “pus” dengan harapan akan diberi makan atau dibelai.

Namun, tidak semua kucing pasti akan menoleh dengan panggilan “pus” karena seperti anjing Pavlov, ini merupakan kebiasaan. Jika kucing sejak kecil tidak pernah dipanggil “pus”, maka dia juga tidak akan menoleh jika dipanggil “pus” karena tidak mengenali dan tidak mengasumsikan panggilan tersebut dengan apapun. Jadi, sebenarnya kamu juga bisa membuat kucing menoleh dengan panggilan apapun dengan cara membiasakan memanggil kucing dengan namanya saat akan memberi makan atau membelainya. Maka, lama-lama kucing akan terbiasa dan akan menoleh saat kamu memanggilnya dengan nama yang kamu berikan padanya.

http://kask.us/hx7rs

 



Artikel Terkait


No comments:

Post a Comment

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)