Sunday, March 13, 2011

HATI-HATI TULANG BENGKOK PADA KUCING

Salam Cat Lovers, seperti Judul di atas "HATI-HATI TULANG BENGKOK PADA KUCING", kelihatannya menyeramkan ya? Ya, harap hati-hati apabila menemukan gejala yang seperti ini. Tulang bengkok yang sering dijumpai pada anak kucing umumnya karena gangguan kesehatan akibat kesalahan manajemen pakan sehingga menyebabkan malnutrisi, rakitis (tulang lunak dan mudah patah, biasanya terjadi pada kitten), osteoporosis, diare, sembelit, FUS (Feline Urinary Syndrome).

Kalsium merupakan mineral utama yang mempunyai fungsi tertentu dalam tubuh bagi kesehatan. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat didalam tubuh. Kira-kira 99% kalsium terdapat di dalam jaringan keras yaitu pada tulang dan gigi. 1% kalsium terdapat pada darah, dan jaringan lunak. Tanpa kalsium yang 1% ini, otot akan mengalami gangguan kontraksi, darah akan sulit membeku, transmisi saraf terganggu, dan sebagainya. Untuk memenuhi 1% kebutuhan ini, tubuh mengambilnya dari makanan yang dimakan atau dari tulang. Apabila makanan yang dimakan tidak dapat memenuhi kebutuhan, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang. Sehingga tulang dapat dikatakan sebagai cadangan kalsium tubuh. Jika hal ini terjadi dalam waktu yang lama, maka tulang akan mengalami pengeroposan tulang.

Fungsi Kalsium adalah :
  • Membentuk serta mempertahankan tulang dan gigi yang sehat
  • Mencegah osteoporosis
  • Membantu proses pembekuan darah dan penyembuhan luka
  • Menghantarkan signal ke dalam sel-sel saraf
  • Mengatur kontraksi otot
  • Membantu transport ion melalui membran
  • Sebagai komponen penting dalam produksi hormon dan enzim yang mengatur proses pencernaan, energi dan metabolisme lemak
Defisiensi (kekurangan) kalsium terjadi karena asupan kalsium rendah dan phospor tinggi sedangkan rasio ideal 1,5:2. Efek negatif yang ditimbulkan adalah hipokalsemia (kekurangan kalsium). Pada individu muda rakitis (tulang lunak) dan tulang bengkok. Pada individu tua osteoporosis, osteomalasia, patah tulang/fraktur.

Hypocalsemia adalah rendahnya konsentrasi kalsium dalam darah. Kondisi ini diakibatkan oleh pengeluaran kalsium yang tinggi, sementara asupan kalsium rendah. Situasi seperti ini biasanya terjadi pada hewan yang hamil atau sedang menyusui. Hypocalsemia dapat terjadi pada anjing maupun pada kucing. Jadi jika anjing / kucing anda sedang hamil atau menyusui perhatikan asupan gizinya.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi absorbsi kalsium, di antaranya kelarutan kalsium dalam air dan jenis makanan yang dimakan bersama dengan kalsium. Makanan tertentu menyebabkan pengendapan kalsium sehingga kalsium menjadi sulit diabsorpsi.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan absorpsi kalsium adalah:
  • Tingkat kebutuhan tubuh terhadap kalsium
Peningkatan kebutuhan terjadi pada pertumbuhan, masa kehamilan, menyusui, defisiensi kalsium.
  • Vitamin D
Vitamin D merangsang absorpsi kalsium melalui langkah-langkah kompleks. Vitamin D meningkatkan absorpsi pada mukosa usus dengan cara merangsang produksi protein-pengikat kalsium. Paparan sinar matahari pada pukul 7 sampai 9, juga dapat digunakan sebagai penunjang yang dapat merangsang produksi vitamin D dan membantu masuknya kalsium kedalam aliran darah sehingga kalsium menyatu dalam tulang. Setidaknya 15 menit perhari dan sesuai dengan waktu yang telah dianjurkan di atas.
  • Asam klorida
Asam Klorida yang dikeluarkan oleh lambung membantu absorpsi kalsium dengan cara menurunkan pH di bagian atas usus halus.
  • Makanan yang mengandung lemak.
Lemak meningkatkan waktu transit makanan melalui saluran cerna, dengan demikian memberikan waktu lebih banyak untuk absorpsi kalsium.

Gejala Kekurangan Kalsium
  • Gangguan pertumbuhan
  • Tulang kurang kuat, mudah bengkok dan rapuh
  • Kekejangan otot



Artikel Terkait


1 comment:

  1. mas kalo kucing patah tulang di sembuhinnya gimana yaa????
    makasih
    :D

    ReplyDelete

 

Kucingku Imut ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)